petani-milenial-siap-berbagi-ilmu-di-forum-iniKepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) Sleman, Heru Saptono. (nila jalasutra/koranbernas.id)


bid-jalasutra

Petani Milenial Siap Berbagi Ilmu di Forum Ini


SHARE

KORANBERNAS.ID -- Kabupaten Sleman akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Daerah Kelompok Tani Nelayan Andalan (Peda-KTNA) tingkat DIY. Event ini dijadwalkan berlangsung 7-12 Juli 2019 di Lapangan Purwobinangun Pakem.

Pada acara tersebut Generasi muda akan menjadi fokus diskusi sekaligus mereka didorong agar berminat terjun ke bidang pertanian.


Baca Lainnya :

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (DP3) Sleman, Heru Saptono, kepada awak media di Pers Room Humas Sleman, Selasa (2/7/2019), mengatakan saat ini sektor pertanian didominasi warga berusia tua.

Karena itu keterlibatan kaum muda di pertanian sangat dibutuhkan, untuk menjamin keberlanjutan hasil pangan.


Baca Lainnya :

"Agar generasi muda tertarik, panitia Peda-KTNA DIY 2019 akan menghadirkan para petani muda generasi milenial yang sukses menggeluti pertanian," kata Heru.

Mereka siap berbagi ilmu dalam berbagai seminar di forum tersebut.

Menurut dia, produk-produk hasil pertanian Sleman semakin diminati dan pangsa pasarnya semakin luas. Terbukti dengan semakin kuatnya branding Beras Sleman.

"Beras Sleman saat ini mampu menembus jejaring retail modern. Ini menunjukkan sektor pertanian mampu menghasilkan keuntungan," katanya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dijadwalkan akan membuka secara resmi Peda-KTNA 2019 pada 9 Juli.

Peda-KTNA akan menjadi ajang pertemuan para petani dan nelayan se-DIY.

"Mereka akan saling bertukar informasi sekaligus mengembangkan jejaring kerja sama satu sama lain," jelas Heru.

Masing-masing kabupaten/kota di DIY mengirimkan 50 orang perwakilannya sehingga total terdapat sekitar 250 orang yang terlibat dalam pertemuan tersebut.

Adapun temanya terkait dengan Ketahanan, Kedaulatan, dan Kemandirian Pangan Berkelanjutan serta meningkatkan pemberdayaan kaum muda agar tertarik bidang pertanian.

"Tema ini sesuai dengan kondisi saat ini, apalagi dengan gempuran Revolusi Industri 4.0," kata Heru.

Acara ini juga menjadi persiapan Pertemuan Nasional (Penas) di Padang Sumatera Barat. (sol)



SHARE

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini