Rabu, 03 Mar 2021,

isolasi-mandiri-kebutuhan-pasien-covid19-menjadi-tanggungan-kelurahanilustrasi


Sutaryono
Isolasi Mandiri, Kebutuhan Pasien Covid-19 Menjadi Tanggungan Kelurahan

SHARE

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL -- Kebutuhan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri, ditanggung oleh pemerintah kalurahan. Upaya ini sebagai langkah agar apapun yang dibutuhkan warga yang melakukan isolasi mandiri dapat terpenuhi.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawati, Sabtu (23/1/2021) mengatakan, warga terkonfirmasi positif saat ini masuk dalam input sistem informasi desa. Upaya ini untuk memudahkan dalam melakukan pendataan.


“Kalurahan juga sudah siap dari sisi materi untuk memenuhi kebutuhan warga yang isolasi mandiri. Jadi selama menjalani isolasi mandiri kedua pihak tersebut harus aktif saling menghubungi,” katanya.

Di samping itu, untuk mengontrol kondisi kesehatan warga, pihak puskesmas setempat juga wajib melakukan komunikasi dengan pasien. Pasien juga diminta aktif dalam hal pemenuhan kebutuhan.


Secara terpisah, Lurah Ngawu, Kapanewon Playen, Wibowo Dwi Jatmiko mengatakan, saat ini sudah ada puluhan warganya yang selesai menjalani isolasi mandiri. Selama melakukan isolasi mandiri, pihaknya menggunakan anggaran dana desa untuik memberikan paket bantuan senilai Rp 250.000 per jiwa.

“Kalau mereka membutuhkan sembako, kami beri sembako senilai Rp 250.000,” kata Bowo.

Tapi dia mengakui, pasien yang melakukan isolasi mandiri tidak semuanya membutuhkan sembako, sehingga pihaknya cukup fleksibel dalam memberikan kebutuhan warga. Mereka dipersilakan melakukan komunikasi langsung dengan petugas apa saja yang dibutuhkan.

“Jadi apa yang mereka butuhkan, kami sediakan asal nilainya tetap sama,” katanya.(*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini