Rabu, 02 Des 2020,


calon-bupati-bantul-abdul-halim-muslih-keliling-naik-becakCalon Bupati Abdul Halim Muslih keliling naik becak di jalan protokol Bantul. (istimewa)


Sariyati Wijaya

Calon Bupati Bantul Abdul Halim Muslih Keliling Naik Becak


SHARE

KORANBERNAS.ID, BANTUL -- Calon Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih terlihat berkeliling naik becak di Jalan Protokol Bantul, Jumat (23/10/2020) sore. Rutenya mulai Jalan Jenderal Sudirman hingga Gose, berbelok ke arah timur dan berakhir di balai warga.

Di tempat ini, puluhan tukang becak mengenakan kaos abu-abu bertuliskan Halim-Joko menunggu. Semua terlihat akrab berbincang seraya menikmati sega kuncing yang disedaikan di lokasi acara. Tersedia lengkap aneka gorengan, kerupuk, teh panas dan jahe panas.


Baca Lainnya :

Maming Triyono selaku Ketua Relawan Bolo Halim mengatakan para tukang becak tergabung dalam Paguyuban Becak Bantul bertemu calon bupati nomor urut 1 tersebut untuk menyampaikan harapan dan keinginan mereka terhadap pasangan Halim-Joko kelak jika terpilih menjadi pemimpin Bantul. “Jadi ada harapan mereka bisa  mendukung sektor pariwisata dengan menjadi becak wisata,” kata Maming.

Jumlah tukang becak se-Kecamatan Bantul sekitar 100 orang, beroperasi mulai dari Perempatan Gose, Pasar Bantul, Perempatan Klodran, Bejen, RS Panembahan , Palbapang dan Jodog. “Hari ini yang hadir Kecamatan Bantul. Ke depan akan ada kegiatan serupa di wilayah  lain,” katanya.


Baca Lainnya :

Halim mengatakan perlu ada upaya meningkatkan kesejahteraan para tukang becak. Apalagi jika dilihat, banyak yang usianya sepuh. Kemampuan mereka mencari nafkah dan mengayuh becak menurun seiring berkurangnya usia.

“Ada dua upaya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Pertama sisi sosial  yakni  bagaimana mereka ter-cover bantuan. Tentu ini nanti urusan dengan Dinas Sosial,” kata Halim.

Kedua, pemberdayaan dengan mencarikan pekerjaan sampingan atau side job. Kalau mengayuh becak  mencari side job akan sulit, maka yang bisa dilakukan adalah pemberdayaan melalui pertanian, peternakan dan lainnya.

“Jadi nanti selain menjadi tukang becak, mereka bisa mengembangkan pertanian dan perikanan. Umpamanya  budi daya lele,” katanya.

Langkah lain bisa dengan menjadikan becak tersebut sebagai becak wisata. Becak didesain dan cat nyamenarik sehingga mampu mengundang wisatawan mengunjungi berbagai obyek wisata di Kecamatan Bantul. (*)



SHARE
'

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini