atas

Tanpa Residu Kimia, Pupuk Ini Ampuh Suburkan Tanaman Padi

Rabu, 15 Mei 2019 | 21:30:33 WIB, Dilihat 390 Kali - Oleh Redaktur

SHARE


Tanpa Residu Kimia, Pupuk Ini Ampuh Suburkan Tanaman Padi Penyemporatan pupuk organik pada lahan pertanian padi di Cilacap Jawa Tengah, Senin (13/5/19). (istimewa)

Baca Juga : Masjid Ini Sediakan Layanan Cuci Motor Gratis


KORANBERNAS.ID -- Terbukti ampuh dan membantu kesuburan tanaman padi di wilayahnya, anggota Koramil 08/Adipala dipimpin Serma Mashadi kembali melaksanakan penyemprotan Nutrisi Wijayakusuma di lahan pertanian milik Adji Paryono, anggota Kelompok Tani Sridadi Desa Doplang Kecamatan Adipala Cilacap Jawa Tengah, Senin (13/5/19).

Menurut Serma Mashadi selaku Babinsa Doplang, penyemprotan nutrisi di beberapa wilayah KecamatanAdipala sudah menunjukkan hasilnya.

“Tanaman padi sangat subur dan terhindar dari berbagai hama tanaman. Hal ini terdengar ke beberapa wilayah hingga akhirnya sampai ke Desa Doplang,” ujarnya.

Didampingi petugas lapangan dari pupuk Nutrisi Wijayakusuma, Rudi Priyanto Ismail, dia mengatakan tanaman padi varietas Inpari 33 seluas 1 hektare itu disemprot dengan takaran 30 liter pupuk Nutrisi Wijayakusuma.

"Semoga dengan Nutrisi Wijayakusuma ini mampu mendongkrak produktivitas padi di wilayah Kecamatan Adioala khususnya dan Kabupaten Cilacap pada umumnya sehingga mampu mempertahankan Cilacap sebagai lumbung padi Jawa Tengah,"  tandasnya.

Panen bersama di Desa Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. (istimewa)

Panen bersama

Secara terpisah, Selasa (14/5/2019), dilakukan Panen Bersama Demplot Kodim 0701/Banyumas. Tanaman padi di lahan sawah milik Sudiat warga Desa Pasir Lor Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas itu juga disemprot menggunakan pupuk Nutrisi Wijayakusuma.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana S Sos MM M Han melalui Kasiterrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Sapto Broto SE menyampaikan panen bersama dilakukan oleh Bupati  Banyumas Ir Akhmad Husein.

Hadir pula pada kesempatan itu Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra SE MI Pol, Kabid  Tanaman Pangan dan Holtikultura Banyumas Ir Suwarseno, Tim  Pupuk Nutrisi Wijayakusuma Imam Yudi Prasetyo SE, Sekcam Camat Karanglewas Sarwoko SH, Pasiter Kodim 0701/Banyumas Kapten Inf P Putut Widodo, para Danramil  se-Kodim 0701/Banyumas serta kades se-Kecamatan Karanglewas.

"Pupuk Nutrisi Wijayakusuma sebagai solusi guna meningkatkan kesuburan tanah, sehingga ending-nya hasil produktivitas padi meningkat," ujar Letkol Inf Sapto Broto SE.

Pupuk ini tidak untuk tanaman saja tetapi juga bisa untuk hewan. "Pupuk Nutrisi Wijayakusuma ini sudah terbukti di daerah lain, contohnya di Brebes sudah terbukti untuk tanaman bawang merah dan bawang putih. Mudah-mudahan petani bisa makmur dan lebih baik. Sekali lagi saya tidak mengintervensi mengenai pupuk nutrisi ini," jelasnya.

Sarwoko menambahkan pihaknya mengapresiasi dan menyambut baik penggunaan pupuk organik. “Semoga bisa meningkatkan hasil pertanian, memperkuat ketahanan pangan dan mengurangi pupuk kimia yang sangat mahal,” kata dia.

Ahmad Husein mengatakan dirinya sangat bangga kepada TNI, selain bisa mempertatahakan negara dan bangsa juga bisa bertanam. “Semoga pupuk ini bisa untuk petani dan diasuransikan kalau  misalkan dengan pupuk ini gagal panen,” kata dia.

Pemkab Banyumas sangat mendukung penggunaan pupuk oragnik. Dinas Pertanian setempat juga diminta mendukung kegiatan TNI ini. “Kami bisa berkordanisakan dengan penyuluh di lapangan, biar petani bisa merasakan sendiri, tidak ada unsur paksaan," ucap dia.

Seperti diketahui, pupuk ini merupakan karya dari Prajurit Wijayakusuma yang terbukti mempercepat pertumbuhan tanaman dan meningkatkan hasil panen. Pupuk organik cair tersebut aman dan terbebas dari residu bahan kimia. (iry)



Selasa, 14 Mei 2019, 21:30:33 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 127 View
Masjid Ini Sediakan Layanan Cuci Motor Gratis
Selasa, 14 Mei 2019, 21:30:33 WIB Oleh : B Maharani 98 View
UMKM Pacu Pertumbuhan Ekonomi Wilayah
Selasa, 14 Mei 2019, 21:30:33 WIB Oleh : Rosihan Anwar 136 View
Doa dan Tahlil Berkumandang di KPU DIY

Tuliskan Komentar