atas1

Tak Harus Konvoi, Rayakan Kelulusan dengan Bukber

Senin, 13 Mei 2019 | 23:47:51 WIB, Dilihat 419 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Tak Harus Konvoi, Rayakan Kelulusan dengan Bukber Para lulusan berprestasi SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berfoto bersama Kepala SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Drs Slamet Purwo dan para orangtua dalam Wisuda Purna Siswa di Sportarium UMY, Senin (13/5/2019).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Tak Perlu Operasi Pasar, Harga Bawang Putih Turun


KORANBERNAS.ID -- Kelulusan siswa SMA/SMK diumumkan, Senin (13/5/2019). Tak harus konvoi yang bisa merugikan diri sendiri ataupun orang lain, di bulan Ramadan ini perayaan kelulusan justru dilakukan dengan berbuka puasa bersama (bukber).

Hal ini yang coba diterapkan SMA Muhammadiyah 2 (Muha) Yogyakarta. Sekolah itu memberikan ijazah kelulusan dalam acara bukber untuk menghindari aksi konvoi kelulusan itu.

"Ijazah baru kami berikan ke anak-anak setelah acara buka puasa bersama dalam waktu dekat ini. Sedangkan pengumuman kelulusan tetap dilakukan hari ini," tutur Kepala SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Drs Slamet Purwo usai acara Wisuda Purna Siswa di Sportarium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (13/5/2019).

Menurut Slamet, pihak sekolah mengagendakan acara bukber khusus bagi kelas XII yang baru saja lulus. Selain menghindari konvoi, kegiatan itu dilaksanakan agar anak-anak mempunyai kegiatan positif dalam merayakan kelulusan.

Apalagi tahun ini, sekolah itu kembali meluluskan 100 persen anak didiknya yang mencapai 303 orang. Jumlah itu terbagi 176 lulusan jalur Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan 127 lulusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Dari jumlah lulusan tersebut, sejumlah anak lolos seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Diantaranya melalui 33 lulusan yang lolo Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Mereka tersebar di Universitas Indonesia (UI), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, lima di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan 24 Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

Para guru dan wali kelas mewisuda siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta di Sportarium UMY, Senin (13/5/2019).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Sejumlah anak lainnya juga lolos ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) favorit. Diantarnya ke UMY, UII, UAD dan perguruan tinggi swasta lainnya.

"Tahun lalu yang lolos snmptn dua puluh dua anak, sekarang tiga puluh tiga. Semoga tahun depan bisa naik jadi empat puluh empat dan seterusnya," jelasnya.

Slamet menambahkan, dalam kelulusan tahun ini, dua siswa mereka mendapatkan nilai sempurna 100. Mereka adalah Yhuanditra San yang mendapatkan nilai 100 masing-masing untuk pelajaran Matematika dan Fisika. Siswi kelas XII IPA 2 itu juga tercatat sebagai peraih medali emas pada ajang Olimpiade Sains Nasional tingkat nasional bidang kebumian.

"Selain itu Adelia Quintanti dari kelas XII IPA 3 yang juga mendapat nilai UN seratus untuk mata pelajaran Biologi," imbuhnya.(yve)



Senin, 13 Mei 2019, 23:47:51 WIB Oleh : Masal Gurusinga 436 View
Tak Perlu Operasi Pasar, Harga Bawang Putih Turun
Senin, 13 Mei 2019, 23:47:51 WIB Oleh : Sari Wijaya 570 View
Bawaslu Bantul Usut Suara Caleg yang Raib
Senin, 13 Mei 2019, 23:47:51 WIB Oleh : Sholihul Hadi 316 View
Layanan Humanity Food Truck Standar Hotel Bintang Lima

Tuliskan Komentar