Seni Tradisi Berumur Ribuan Tahun Meriahkan Imlek
Muhammad Zukhronnee Ms

Seni Tradisi Berumur Ribuan Tahun Meriahkan Imlek

KORANBERNAS.ID -- Di telinga masyarakat Indonesia popularitas Shufa atau seni kaligrafi China memang tidak setenar liong atau barongsai. Namun animo masyarakat akan kesenian khas Tionghoa yang telah berusia kurang lebih 6000 tahun ini justru semakin meningkat.

Pada zaman dahulu seni kaligrafi ini di buat di atas media berupa bambu, dengan arang hitam sebagai tintanya. Namun seiring berkembangnya teknologi, seni kaligrafi ini mulai diterapkan di berbagai media kertas.


Baca Lainnya :

Awal mulanya Shufa atau seni Kaligrafi Tiongkok ini tidak dapat lepas dari sejarah penemuan tinta, kertas dan kuas. Sebagai bangsa tertua di dunia tercatat dalam sejarah peradaban Cinalah yang menyumbangkan kertas bagi dunia.

Adalah Tsai Lun yang menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero negeri Tiongkok pada tahun 101 Masehi. Meskipun pada awalnya cara pembuatan kertas merupakan hal yang sangat rahasia. Namun penemuan ini akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring menyebarnya bangsa-bangsa Tiongkok ke timur.


Baca Lainnya :

Kesenian tradisional Cina yang sudah eksis selama ribuan tahun ini meriahkan Lunar Stage Jogja City Mall. Tak hanya Kaligrafi Shufa, Bian Lian Face Changing Art, Barongsai Tonggak dan Liong hingga Kesenian Peranakan Nanfeng dan Fortune Teller akan meriahkan Lunar Stage dari tanggal 1-6 Februari 2019.


TAGS:

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini