atas1

Menteri pun Terkesima Nikmati Deburan Ombak Pantai Menganti

Kamis, 04 Jul 2019 | 19:51:55 WIB, Dilihat 404 Kali - Oleh Nanang WH

SHARE


Menteri pun Terkesima Nikmati Deburan Ombak Pantai Menganti Menteri Negara BUMN Rini M Sumarno didampingi Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugianto , Kamis (4/7/2019), melihat dari dekat Pantai Menganti Kebumen. (nanang wh/koranbernas.id)

Baca Juga : Sleman Susun Perbup, Tangani Stunting dan Balita Kurus


KORANBERNAS.ID -- Kedekatan lokasi antara Kabupaten Kebumen dengan Yogyakarta International Airport (YIA) diharapkan bisa dimanfaatkan oleh Kabupaten Kebumen.

Terdapat peluang  berkembangnya  pariwisata di kabupaten ini setelah ada Geopark Karangsambung Karangbolong (GPKK) dan YIA. Jika mampu memanfaatkan hal itu, ekonomi masyarakat akan semakin baik.

Harapan itu dikemukakan Menteri Negara Urusan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Sumarno saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kebumen, Kamis (4/7/2019).

Rini sempat mengunjungi Pantai Menganti dan Gua  Jatijajar.  Dua obyek wisata itu merupakan geosite di GPKK, dari 41 geosite di GPKK. Kunjungan itu dalam rangka melihat dari dekat potensi ekonomi GPKK yang bisa didukung oleh BUMN.

Kabupaten Kebumen daerah dengan jumlah penduduk miskin cukup besar dibanding kabupaten/ kota di  Jateng, menurut Rini M Sumarno, bisa lebih sejahtera dengan pengembangan geosite di GPPK menjadi destinasi wisata.

Misalnya adanya homestay. Pertumbuhan homestay di geosite yang  menjadi kawasan wisata bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rini tampak terkesima menikmati keindahan Pantai Menganti. Pantai dengan gugusan pegunungan karang di Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kebumen itu dikembangkan menjadi kawasan wisata.

Pengembangan wisata geosite ini dilakukan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat bekerja sama dengan Perhutani.

 “Seru seru,“ kata Rini M Sumarno setelah menikmati deburan ombak dengan turun dan naik perbukitan karang di bibir pantai  dengan kedalaman  20-an meter.

Peneliti utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  Ir Chusni Anshsori MT yang medampingi Rini M Sumarno di sepanjang  perjalanan di pantai itu mengungkapkan, Rini M Sumarno sangat perhatian  dengan  kebersihan  pantai.

Kepala Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Balai Informasi Konservasi Kebumian (BIKK)  LIPI Karangsambung, Edi Hidayat, kepada koranbernas.id mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan ke pengelola GPKK agar Pemkab  Kebumen membangun teater alam di salah satu geosite di sekitar kampus BIKK Karangsambung.

Dirinya tidak mengetahui ada informasi Pemkab Kebumen mengirimkan usulan pembiayaan pembangunan teater alam ke Kementerian BUMN. (sol)



Kamis, 04 Jul 2019, 19:51:55 WIB Oleh : Nila Jalasutra 321 View
Sleman Susun Perbup, Tangani Stunting dan Balita Kurus
Kamis, 04 Jul 2019, 19:51:55 WIB Oleh : Prasetiyo 415 View
Festival Film Purbalingga Dimulai, Layar Tanjleb Sasar 18 Desa
Rabu, 03 Jul 2019, 19:51:55 WIB Oleh : Masal Gurusinga 218 View
Sepeda Motor Kini Bisa Lewat Jembatan Ini

Tuliskan Komentar