atas

Lawyer Masih Terbatas, Paralegal Diharapkan Makin Berperan

Rabu, 24 Apr 2019 | 15:31:17 WIB, Dilihat 271 Kali - Oleh Surya Mega

SHARE


Lawyer Masih Terbatas, Paralegal Diharapkan Makin Berperan Akhlis Mukhidn bersama klien. (istimewa)

Baca Juga : Ketua KPPS di Bantul Meninggal Diduga Kelelahan


KORANBERNAS.ID--Rasio jumlah Advokat dengan jumlah penduduk di Indonesia masih belum berimbang. Perbandingannya masih rendah sekitar 1 : 500 ribu penduduk.

Rendahnya jumlah advokat ini, menyebabkan kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan jaminan hak keadilan masih dirasakan belum merata.

Munculnya Undang-undang no 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum dan Permenkumham no 1 tahun 2018, memberikan angin segar bagi eksistensi paralegal sebagai bagian dari pemberi bantuan hukum. Sehingga akses masyarakat untuk memperoleh hak keadilan bisa merata.

Untuk menjadi Paralegal, menurut Hamza Akhlis dari Bantuan Hukum Akhlis Muckhidin & Partners, tidaklah sulit. Mereka tidak harus pendidikan sarjana hukum. Artinya, non pendidikan sarjana hukum bisa berkiprah menjadi Paralegal.

Untuk menjadi Paralegal wajib mengikuti pendidikan dasar dan pelatihan lanjutan. Bagi yang pendidikan Sarjana hukum bisa melanjutkan berprofesi sebagai Lawyer dengan mengikuti tahapan selanjutnya.

Untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman tentang hukum inilah, Kantor hukum Akhlis Mukhidin & Rekans mengadakan pelatihan Paralegal. Pelatihan berlangsung tanggal 2,3 dan 4 Mei 2019 di Grand Keisha Hotel, Jalan Affandi Gejayan, Condong Catur, kecamatan Depok, Kabupaten Sleman DIY.

“Pelatihan diikuti sekitar 25 calon paralegal dari Banjarmasin, Jawa Barat, Jawa Timur dan DIY Jateng,” kata Akhlis dalam rilis yang dikirim ke Redaksi koranbernas.id, Rabu (24/4/2019).

Target dari pelatihan ini adalah memberikan ketrampilan kepada Paralegal dalam melakukan advokasi yang berkaitan dengan penerapan norma norma hukum sehingga berperan aktif dalam membantu advokat atau Lawyer dalam mendampingi perkara hukum.

Mendorong peran paralegal dalam memberikan bantuan hukum bagi setiap orang terutama orang miskin agar memperoleh jaminan dalam pemenuhan haknya atas bantuan hukum dan menegakan keadilan.

“Kami juga memfasilitasi praktek langsung dan pendampingan perkara Non litigasi dengan didampingi Lawyer dari Kantor hukum Akhlis Mukhidin & Partners. Pesertanya sudah terus bertambah.Pendaftaran terakhir tanggal 27 April 2019. Bisa melalui telepon 081931750404,” jelas Hamza Akhlis sembari menjelaskan, peserta nanti mendapat sertifikat, Kartu Tanda Anggota Paralegal dan Baju Seragam.

Pelatihan akan menghadirkan pembicara dari lembaga-lembaga yang berkompeten. Selain dari Polda, juga dari Ombusdman, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama. (SM)



Selasa, 23 Apr 2019, 15:31:17 WIB Oleh : Sari Wijaya 299 View
Ketua KPPS di Bantul Meninggal Diduga Kelelahan
Selasa, 23 Apr 2019, 15:31:17 WIB Oleh : Sari Wijaya 237 View
Bendahara Terpatuh Bayar Pajak Diberi Penghargaan
Selasa, 23 Apr 2019, 15:31:17 WIB Oleh : Redaktur 238 View
Ziarah Mengandung Makna Penting dan Mendalam

Tuliskan Komentar