atas1

Kenali Bencana, Tujuh Kabupaten Ekspedisi

Rabu, 10 Jul 2019 | 22:12:53 WIB, Dilihat 477 Kali - Oleh Nanang WH

SHARE


Kenali Bencana, Tujuh Kabupaten Ekspedisi Hutan cemara udang masih terjaga di sebagian pantai di Kecamatan Puring, seperti di Desa Tambakmulyo, salah satu upaya mengurangi dampak bencana, jika terjadi tsunami atau abrasi. Nampak pohon cemara udang Senin pekan lalu. (nanang wh/koranbernas.id)

Baca Juga : Satgas Teritorial Berangkat ke Maluku


KORANBERNAS.ID -- Badan Nasional Penanggulangan  Bencana (BNPB) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), 7 kabupaten di Jawa Tengah dan DIY bagian selatan akan menyelenggarakan Ekspedisi Desa Tangguh Bencana Tsunami (EDTBTs). Ekspedisi itu akan melewati Kabupaten Kebumen yang rencananya berangkat pada Selasa (30/7/2019) hingga Rabu (31/7/2019) mendatang.

Di Kebumen, ekspedisi melewati 8 kecamatan dan 15  Desa Tangguh Bencana (destana). Ekspedisi yang melewati 32 desa rawan bencana tsunami, menurut Sekretaris Daerah Kebumen Ahmad Ujang Sugiono  ketika rapat konsolidasi kegiatan itu, Rabu (10/7/2019) diharapkan bisa membawa dampak bagi  masyarakat di daerah yang dilewati, serta semua elemen yang bertanggung jawab penanggulangan bencana tsunami. Dengan kegiatan itu, ada kesiapan jika sewaktu waktu terjadi tsunami.

“Sarana dan prasarana penanggulangan bencana juga harus terus dijaga, seperti early warning system (EWS),“ kata Ahmad Ujang Sugiono.

Alat yang terpasang di daerah rawan tsunami memberi peringatan dini. Jika Badan Meterologi KIimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan ada potensi tsunami setelah terjadi gempa agar selalu dirawat dan dicek. Sehingga bisa  berfungsi setiap waktu.

Kepala Pelaksana BPBD Kebumen Eko Widianto menambahkan, ekspedisi selain mengarak  pataka ekspedisi, di Ambal dan Puring  akan diselenggarakan sosialisasi penanggulangan kebencanaan tsunami. Diantaranya mendatangi pedagang di pasar tradisional, petambak, nelayan.

Ada penanaman pohon untuk vegetasi pantai. Penanaman pohon mangrove/bakau menurut rencana di Kecamatan Pantai Laguna, Mirit. Bersih bersih sampah  di Pantai  Suwuk, Tambakmulyo, Kecamatan  Puring, Kebumen.

Bencana tsunami terbesar di pesisir selatan  Kabupaten Kebumen, terakhir terjadi pada Desember tahun 2006. Bencana  tsunami pasca gempa bumi di  Pangandaran, Jawa Barat merusak sejumlah bangunan di tepi pantai, perahu nelayan yang ditambat di pantai. Di Pantai  Suwuk dan sekitarnya air masuk ke daratan sampai 100 meter. (yve)



Rabu, 10 Jul 2019, 22:12:53 WIB Oleh : Redaktur 1104 View
Satgas Teritorial Berangkat ke Maluku
Rabu, 10 Jul 2019, 22:12:53 WIB Oleh : Redaktur 463 View
Prajurit Itu Orang Pilihan yang Terikat Sumpah
Rabu, 10 Jul 2019, 22:12:53 WIB Oleh : Muhammad Zukhronnee Ms 631 View
Membumikan Ajaran Ki Hajar Dewantara dalam FKY 2019

Tuliskan Komentar