atas

Ingin Nabung Haji dengan Mudah? Tak Perlu Jauh-jauh

Rabu, 27 Feb 2019 | 14:46:23 WIB, Dilihat 216 Kali - Oleh Yvesta Putu Sastrosoendjojo

SHARE


Ingin Nabung Haji dengan Mudah? Tak Perlu Jauh-jauh Gathering sekaligus peluncuran layanan Bank BPD DIY Syariah Mobile, SMS Notification, dan peluncuran layanan Bank BPD DIY Syariah sebagai BPS BPIH di UC UGM, Selasa (26/2/2019).(yvesta putu sastrosoendjojo/koranbernas.id)

Baca Juga : Tolak Disebut Mem-PHK, Kharisma Baik pada Karyawan


KORANBERNAS.ID -- Seiring berkembangnya transaksi secara online, kebutuhan nasabah untuk memiliki layanan perbankan yang cepat, mudah dan sederhana semakin mendesak, termasuk untuk layanan tabungan haji. Namun belum semua bank memilili layanan yang memudahkan mereka bertransaksi, terutama bank-bank lokal.

Karenanya BPD Syariah mulai mengembangkan layanannya demi menunjang kebutuhan nasabahnya. Diantaranya  Bank BPD DIY Syariah Mobile, SMS Notification, dan peluncuran layanan Bank BPD DIY Syariah sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH).

Layanan ini ditawarkan setelah melalui serangkaian proses seleksi yang dilakukan BPKH. Bank BPD DIY Unit Usaha Syariah (Bank BPD DIY Syariah) ditetapkan sebagai BPS BPIH Fungsi Penerimaan. 

Dengan demikian, Bank BPD DIY Syariah dapat menjalankan fungsi dan tugas sebagai bank penerima setoran haji, yang kewenangannya antara lain membuka rekening tabungan jamaah haji, menerima setoran awal dan pelunasan.

"Selain itu mendistribusikan virtual account," ujar Direktur Pemasaran dan Usaha Syariah BPD Syariah, Agus Tri Murjanto dalam Gathering sekaligus peluncuran layanan Bank BPD DIY Syariah Mobile, SMS Notification, dan peluncuran layanan Bank BPD DIY Syariah sebagai BPS BPIH di UC UGM, Selasa (26/2/2019).

Menurutnya, Fungsi BPS BPIH Penerima yang diperoleh Bank BPD DIY Syariah ini melengkapi fungsi BPS BPIH yang sebelumnya telah dipercayakan kepada Bank BPD DIY, yaitu sebagai BPS BPIH Penempatan dan BPS BPIH Pengelola Nilai Manfaat. Penetapan sebagai BPS BPIH tersebut didasarkan atas serangkaian proses seleksi yang telah dilakukan oleh BPKH kepada bank-bank syariah di Indonesia. 

Bank BPD DIY Syariah dinilai telah memenuhi semua persyaratan teknis, legal dan kepatuhan, mengikuti program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), memenuhi persyaratan tingkat kesehatan bank, teknologi informasi yang memiliki layanan virtual account, syarat permodalan, pengembangan produk, dan kemampuan manajemen kas.

Sebagaimana diketahui, sesuai amanat UU Nomor 34 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji, keuangan haji dialihkan pengelolaannya dari Kementerian Agama kepada Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). BPKH selanjutnya melakukan seleksi atas bank-bank syariah yang dijadikan mitra sebagai BPS-BPIH.

"Dengan penetapan Bank BPD DIY tersebut, kami berharap agar kinerja Bank BPD DIY Syariah akan terus meningkat seiring dengan persiapan menuju proses Spin Off menjadi Bank Umum Syariah, yang ditargetkan terlaksana sebelum tahun 2023," jelasnya.

Sementara terkait Bank BPD DIY Syariah Mobile, nasabah dapat melakukan transfer sesama rekening Bank BPD DIY, Bank BPD DIY Syariah, maupun ke rekening bank lain. Selain itu, nasabah juga dapat melakukan berbagai macam pembayaran tagihan dan pembelian. 

"Kami akan terus akan meningkatkan inovasi produk berbasis layanan digital, agar semakin memudahkan nasabah. Tidak hanya di Bank BPD DIY konvensional, tetapi juga di syariah," tandasnya.

Ditambahkannya, Bank BPD DIY Syariah terus berkiprah serta menunjukkan kinerja yang membanggakan. Saat ini bank itu memiliki 41 kantor layanan, yang terdiri dari 1 Kantor Cabang Syariah, 6 Kantor Cabang Pembantu Syariah, 2 Kantor Kas Syariah, 1 Payment Point Syariah serta 34 Kantor Office Channeling.  Office Channeling adalah kantor konvensional yang dapat melayani transaksi syariah. 

"Dengan demikian, Bank BPD DIY Syariah adalah bank syariah yang memiliki jaringan pemasaran terbanyak di DIY," imbuhnya. (yve)

 


Rabu, 27 Feb 2019, 14:46:23 WIB Oleh : Sari Wijaya 486 View
Tolak Disebut Mem-PHK, Kharisma Baik pada Karyawan
Rabu, 27 Feb 2019, 14:46:23 WIB Oleh : V. Kirjito, Pr. , Rohaniwan, Pemerhati Budaya Air Hujan. 414 View
Air Hujan Bukan Penyebab Bencana
Rabu, 27 Feb 2019, 14:46:23 WIB Oleh : Redaktur 218 View
Bukit Teletabis Panen Raya Jagung Hibrida

Tuliskan Komentar