atas1

Berkat Seni Ukir Buah, Irfan Borong Juara

Rabu, 19 Jun 2019 | 21:24:13 WIB, Dilihat 542 Kali - Oleh Sari Wijaya

SHARE


Berkat Seni Ukir Buah, Irfan Borong Juara Salah seorang siswa SMKN 1 Sewon, Irfan Nurdiansyah  yang menjuarai lomba fruit carving di UNY. (istimewa)

Baca Juga : Pembangunan di Bantul Harus Merata


KORANBERNAS.ID -- Buah  senantiasa dihadirkan dalam sajian makanan sebagai pelengkap hidangan. Bukan hanya disajikan dalam bentuk irisan, kini dalam dunia boga juga berkembang seni ukir buah atau  fruit carving.

Kemampuan ini juga diberikan kepada siswa jurusan boga di SMKN 1 Sewon yang berlokasi di Dusun Pulutan, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon Bantul dengan kegiatan ekstrakurikuler fruit carving.  

Bahkan siswa Program Keahlian Boga  dari sekolah ini beberapa kali menjuarai perlombaan fruit carving di DIY. Kepala SMKN Sewon, Dra. Sudaryati, M. Pd. mengatakan bahwa di dunia kerja dan industri dewasa ini para lulusan SMK dituntut untuk memiliki keterampilan yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan dunia industri.

“Salah satu kompetensi keahlian yang ada di SMKN 1 Sewon yakni jurusan Tata Boga dituntut untuk dapat meluluskan siswa dengan kompetensi keahlian yang dibutuhkan di dunia kerja dan industri seperti di perhotelan maupun restoran,” kata  Sudaryati, Rabu (19/6/2019).

Mereka, lanjutnya dituntut tidak hanya memiliki keahlian dalam masak-memasak dan penyajian makanan saja, tetapi juga harus memiliki keterampilan lain sebagai nilai plus di kompetensi bidang mereka. Salah satunya adalah keterampilan seni ukir buah atau fruit carving yang dibutuhkan dalam penyajian-penyajian katering baik untuk acara pernikahan, jamuan makan, pesta, ulang tahun dan sebagainya.

Karena itu, SMKN 1 Sewon berusaha memenuhi tuntutan DU/DI (Dunia Usaha Dunia Industri) tersebut dengan melaksanakan pembekalan keterampilan siswa khususnya di bidang seni ukir buah melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pelatihan fruit carving yang bisa meningkatkan kompetensi lulusan sekaligus sebagai bekal para siswa kelas di dunia
kerja mereka. (yve)



Rabu, 19 Jun 2019, 21:24:13 WIB Oleh : Sari Wijaya 996 View
Pembangunan di Bantul Harus Merata
Rabu, 19 Jun 2019, 21:24:13 WIB Oleh : W Asmani 771 View
Tarian Ini Ternyata dari Tangga Nada
Rabu, 19 Jun 2019, 21:24:13 WIB Oleh : Masal Gurusinga 404 View
Pemasaran LPG Non Subsidi Naik 1 Persen Perbulan

Tuliskan Komentar