arus-mudik-tak-terbendung-13000-perantau-pulang-kampungRapat koordinasi persiapan Pilkada di Wonosari, Rabu (16/9/2020). (sutaryono/koranbernas.id)


St Aryono

Arus Mudik Tak Terbendung, 13.000 Perantau Pulang Kampung

BAGIKAN

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL – Belum genap sepekan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), arus mudik ke Gunungkidul tidak bisa terbendung. Tercatat 13.000 perantau pulang kampung ke berbagai wilayah Gunungkidul.
 
“Berdasarkan data yang masuk ke Sistem Informasi Desa (SID), sekarang ini sudah ada 13.000 perantau yang mudik ke Gunungkidul,” kata Hj Badingah SSos, Bupati Gunungkidul, pada rapat koordinasi persiapan pilkada di Wonosari, Rabu (16/9/2020).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani, Kapolres AKBP Agus Setiawan, Dandim 0730 Letkol Inf  Noppy Laksmana Armiyanto, Kasi Intel Kejaksaan Indra Aprio Handry Sargih, Ketua Bawaslu Tri Asmiyanto dan OPD terkait.
 
Meski sejak jauh hari pihaknya sudah meminta pada perantau tidak mudik ke desa kelahirannya, namun ternyata arus mudik tetap tidak bisa terbendung. “Kalau masyarakat Gunungkidul tentu saja tidak bisa menolak. Karena sudah terlanjur, maka di sini pentingnya protokol kesehatan,” kata bupati.

Koordinasi antara KPU dengan Forum Komunikasi Pempinan Daerah (Forkompimda), lanjutnya, akan dilaksanakan secara rutin. “Sehingga berbagai masalah yang timbul akan segera terpecahkan,” kata bupati.
 
Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, menambahkan tahapan Pilkada sudah berjalan mulai pendaftaran hingga tes kesehatan. Sebanyak empat Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) seluruhnya lolos tes kesehatan.

“Sekarang masih tahapan melengkapi kekurangan berkas dan akan dilakukan verifikasi. Ketika nantinya sudah lengkap, akan dilaksanakan penetapan calon dan dilanjutkan pengundian nomor urut,” ucapnya.
 
Berkait dengan adanya bapaslon yang aktif TNI, PNS, Ahmadi menyatakan, setelah ditetapkan menjadi calon bupati dan wakil bupati, lima hari sesudahnya harus sudah melengkapi surat pengunduran diri. (*)



BAGIKAN

BERITA TERKAIT

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Tulis Komentar disini